Ekstrovert vs Introvert


Tipe Kepribadian. Tipe kepribadian merupakan ciri, sifat dan karakter yang dimiliki oleh
seseorang yang membedakan seseorang dengan individu lainnya. Tipe kepribadian yang dimiliki seseorang sangat menentukan pola reaksinya terhadap situasi dan kejadian yang secara langsung atau tidak langsung membawa pengaruh dalam dirinya. Ada dua tipe kepribadian introvert dan tipe kepribadian ekstrovert, yang memiliki ciri sebagai berikut:
1. Tipe kepribadian introvert mempunyai ciri-ciri antara lain, sadar akan waktu, semangat berkompetisi, sangat ambisius, sangat agresif, pekerja keras, menetapkan target yang tinggi bagi dirinya dan orang lain, memiliki emosi yang tinggi.
2. Tipe kepribadian ekstrovert yang cenderung akan menunjukkan ciri sangat tenang, santai, tidak memiliki ambisi berlebihan, kurang rentan terhadap stres kerja dan penyakit jantung.

Individu yang introvert akan mengalami ketegangan emosional yang lebih besar saat menghadapi konflik karena mereka cenderung menarik diri dari kerja, dan hal ini akan menghambat efektifitas penyelesaian masalah. Kepribadian merupakan locus of control sebagai penyebab yang signifikan terhadap stres kerja. Individu dengan locus of control eksternal menyakini bahwa setiap kegagalan yang dialami oleh mereka disebabkan oleh kekuatan dari luar diri mereka yang tidak mampu mereka atasi dengan kemampuan yang mereka miliki

Apabila dikelompokan, kepribadian dibagi menjadi dua kelas terpisah, yaitu Fixed Personaliy (kepribdian yang tegas, mapan dan sulit diubah) dan Flexible Personaliy (kepribadian yang luwes dan adaptif). Orang dengan kepribadian tegas selalu menunjukkan karakter kepribadian yang sama apakah ia bersama orang-orang terdekat atau orang asing. Orang semacam ini tidak bisa melepas jaket baja kepribadiannya. Apakah sedang bermain atau bekerja, apakah di pesta atau di konferensi. Ia sudah terlatih untuk tidak membiarkan dirinya terombang-ambing lingkungan. Sedangkan, orang yang punya kepribadian fleksibel sangat susah untuk diukur. Orang-orang yang berada dalam lingkungan kepribadian macam ini tidak selalu bisa menunjukkan ke dalam kualitas kepribadian mereka. Orang-orang semacam ini tidak bisa ditangkap sepotong-sepotong. Untuk bisa mengetahui seberapa kepribadian mereka, kita harus menempelnya kemana saja dan melihat bagaimana mereka menghadapi dan mengatasi situasi-situasi sulit dan berbahaya.

2 tanggapan untuk “Ekstrovert vs Introvert”

  1. ngga kebalik ya?bukanya intropert yag lebih tenang santai dan cendenrung suka mengingat-ingat kejadian tertentu yg telah dialami???
    hee 🙂

Tinggalkan komentar